teknik dan bahan berkarya seni rupa

Teknik dan bahan dalam karya seni rupa dua dimensi

Teknik-teknik dalam karya seni rupa dua dimensi :

1.      Teknik Plakat : Teknik plakat adalah teknik melukis dengan menggunakan cat minyak, cat poster atau cat akrilik, dengan goresan yang tebal agar mendapatkan hasil yang pekat dan padat.

2.      Teknik Transparan : Teknik transparan adalah teknik untuk melukis seni rupa menggambar dengan menggunakan cat cair. Sapuan – sapuan warna untuk melukis harus tipis agar hasilnya juga tampak seperti transparan.

3.      Teknik Kolase : Teknik kolase adalah teknik yang akan memberikan hasil lukisan yang realis atau abstrak karena terbuat dari potongan – potongan kertas yang di tempel dengan menggunakan lem.

4.      Teknik 3 M (Merekat, Menggunting, Menempel) : adalah teknik dari seni rupa yang juga merupakan proses manipulasi lembaran kertas yang akan menjadi suatu bentuk 3 dimensi.

5.      Teknik Linear : Teknik linear adalah teknik untuk menggambar objek yang dengan menggunakan pola garis dari pensil atau pena.

6.      Teknik Blok : Teknik blok adalah teknik yang di gunakan untuk menutupi objek lukis dengan menggunakan satu warna.

7.      Teknik Arsir : Teknik arsir adalah teknik yang di gunakan untuk menutupi objek lukis yang dengan pulasan garis sejajar atau garis menyilang dengan menggunakan pensil atau pena.

8.      Teknik Dusel : Teknik dusel adalah teknik yang di gunakan untuk membuat gelap terang pada objek lukis dengan goresan – goresan miring yang menggunakan pensil.

9.      Teknik Mozaik : Teknik mozaik adalah teknik yang di gunakan untuk melukis dengan cara menempelkan benda – benda 3 dimensi

10.    Teknik Pointilis : Teknik pointilis adalah teknik yang di gunakan untuk menghitamkan objek lukis dengan beberapa titik – titik yang ada.

11.    Teknik Aquarel : Teknik aquarel adalah teknik yang di gunakan untuk menutup objek lukis yang dilakukan dengan menyapu cat cair secara tipis.

12.    Teknik Menganyam : Teknik menganyam adalah teknik yang di gunakan untuk menumpang tindih dan juga untuk menyilangkan bahan – bahan yang anda sehingga menghasilkan karya seni anyaman.

 

Alat dan bahan dalam karya seni rupa dua dimensi :

 

1.     Pensil, Pensil terbuat dengan kombinasi grafit serta tanah liat, pensil ini sangat fundamental dalam banyak pembuatan karya seni rupa. Karya seni yang dihasilkan dengan memakai perlengkapan berbentuk pensil bisa menciptakan misalnya suatu sketsa ataupun lukisan.

  1. Konte, Konte ini merupakan suatu perlengkapan yang digunakan dalam banyak karya seni rupa 2 ukuran, konte bertekstur halus serta bercorak sangat gelap ataupun dapat dikatakan mempunyai corak yang gelap legam.
  2. Pensil warna, Pensil corak banyak digunakan buat membuat karya berbentuk lukisan, pensil corak terdiri dari bermacam berbagai motif serta mempunyai tekstur lembut. Pensil corak ialah perlengkapan melukis yang diketahui banyak golongan sebab penggunaannya terbilang gampang.
  3. Krayon ,Krayon ini ialah bahan ataupun perlengkapan yang digunakan buat membuat karya seni 2 ukuran yang mempunyai banyak macam corak, krayon dibuat dari faktor parafin serta kapur sehingga penggunaannya terbilang gampang serta sangat akrab untuk pelukis pendatang baru.
  4. Pena, Pena ialah perlengkapan yang digunakan buat mendukung suatu karya seni rupa 2 ukuran yang bahannya dibuat dari tinta, di mana tinta yang terdapat dalam pena kerap cuma didominasi 3 corak ialah corak gelap, biru, serta merah.
  5. Cat air, Cat air ialah bahan yang sangat sering di dengar di telinga para pelukis apalagi buat para pelukis pendatang baru, cat air sangat digemari sebab penggunaannya yang gampang serta memunculkan hasil karya yang cenderung bertabiat lukisan klasik, cat air ini banyak digunakan para seniman seni rupa 2 ukuran baik di atas media. Cat air mempunyai watak transparan serta gampang larut.
  6. Cat minyak, Cat minyak ialah salah satu perlengkapan yang digunakan seseorang seniman lukis buat membuat karyanya di atas media kanvas, cat minyak ini ialah perlengkapan yang mempunyai tingkatan kesusahan yang tidak gampang di mana buat memandang hasil karyanya diperlukan waktu sebagian hari sebab sifatnya yang memerlukan waktu lama buat kering. Hendak namun cat minyak ini sanga disukai sebab pelukis bisa menggambarkan imajinasinya melalui perpaduan corak yang didapatnya secara eksklusif.
  7. Kanvas, Kanvas ialah salah satu media lukis yang telah sangat populer, serta ialah media lukis yang sangat banyak digunakan oleh seniman buat membuat karya seni 2 ukurannya. Kanvas sendiri dibuat dari kombinasi kain yang berlapis cat serta lem. Kanvas umumnya bercorak putih serta mempunyai dimensi yang bermacam- macam, ada dari yang sangat kecil hingga dimensi yang sangat besar.
  8. Kuas, Kuas merupakan perlengkapan yang digunakan dalam pengerjaan suatu karya seni rupa 2 ukuran lukisan, kua bermanfaat buat menggoreskan baik itu cat minyak, ataupun cat air ataupun bahan- bahan yang lain ke dalam media lukis buat menciptakan suatu foto.
  9. Palet, Palet merupakan wadah ataupun media yang digunakan bagaikan perlengkapan bantu buat menyimpan cat, palet pula bermanfaat buat mengombinasikan motif cat cocok dengan kemauan dari pelukis, palet sangat bermanfaat buat menaikkan keberagaman corak dalam suatu karya seni.
  10. Komputer, sangat dibutuhkan bagaikan media pendukung dari hasil karya- karya seni 2 ukuran yang memakai metode metode tertentu semacam gambar- gambar digital. dapat jadi media sekalian perlengkapan yang digunakan bagaikan pembuat karya. Pada dikala saat ini ini dorongan teknologi sangat fundamental dalam kelangsungan perkembangan seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali suatu karya seni 2 ukuran.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "teknik dan bahan berkarya seni rupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel